KELEMAHAN TEORI ATOM BOHR PDF

[12] Model atom Bohr merupakan penyempurnaan dari model atom Rutherford. Kelemahan teori atom Rutherford diperbaiki oleh Neils Bohr. -Kelemahan Teori Atom Niels Bohr i penyimpangan untuk atom yang lebih besar daripada hidrogen. b. Tidak dapat menerangkan efek Zeeman, yaitu . Pada tahun Niels Bohr mengoreksi kelemahan teori atom Rutherford dengan teori kuantum Planck. Model atom Bohr dinyatakan dengan dua postulat 1.

Author: Murn Galmaran
Country: Congo
Language: English (Spanish)
Genre: Business
Published (Last): 23 February 2007
Pages: 388
PDF File Size: 4.10 Mb
ePub File Size: 14.57 Mb
ISBN: 915-4-30541-335-5
Downloads: 32731
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Akidal

Kuantisasi Panjang Orbit ElektronModel atom Bohr dalam dipublikasikan tahun yaitu sepuluh tahun sebelum de Broglie memperkenalkan konsep gelombang materi, namun terdapat kesesuaian yang kwlemahan biasa ketika diterapkan pada kasus penentuan panjang lintas edar electron dalam atom.

John Gribbin, Model Bohr dari atom hidrogen menggambarkan elektron-elektron bermuatan negatif mengorbit pada kulit atom dalam lintasan tertentu mengelilingi inti atom yang bermuatan positif. Sekarang marilah kita memperhatikan arti dari persamaan 1. Dikarenakan energi sebuah elektron yang ditangkap dalam material adalah negatif sebagaimana dalam kasus pada persamaan 1.

Kulit atau lintasan tempat elektron beredar merupakan toeri energi elektron.

Makalah Model Atom Bohr

Namun baru-baru ini, berbagai peranti yang menggunakan sebuah atom tunggal logam yang dihubungkan dengan ligan-ligan organik transistor elektron tunggal telah dibuat.

Model atom Thomson dapat digambarkan sebagai berikut: Cahaya yan dipancarkan diuraikan menjadi komponen-komponennya oleh se uah prisma. Menurut perhitugan garis tengah inti atom ialah 10 cm, sedangkan garis tengah atomnya adalah 10 -8 cm. Thomson selanjutnya menemukan teknik untuk [17] memisahkan jenis-jenis atom tersebut melalui hasil kerjanya pada gas yang terionisasi. Kelemahan teori atom Rutherford diperbaiki oleh Neils Bohr dengan postulat bohr: Menurut hukum fisika klasik, elektron yang bergerak mengelilingi inti memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.

Suatu elektron haruslah menyerap ataupun memancarkan sejumlah energi tertentu untuk dapat melakukan transisi antara orbit-orbit yang tetap ini. Atom merupakan partikel yang bersifat netral, oleh karena elektron bermuatan negatif, maka harus ada partikel lain yang bermuatan positifuntuk menetrallkan muatan negatif elektron tersebut.

  LABEO CALBASU PDF

Beberapa deret yang lain Tabel 1. Sekumpulan atom demikian pula dapat berikatan satu sama lainnya, dan membentuk sebuah molekul.

Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron. Energi potensial U r dari sebuah elektron di bawah pengaruh gaya Coulomb dalam suku sisi kiri pada persamaan 1.

Namun pada kenyataannya berkas ini terbagi menjadi dua bagian, tergantung dari apakah spin atom tersebut berorientasi ke atas ataupun ke bawah.

Tugas Kimia (Niels Bohr)

Jika lempen emas terse ut dian ap se a ai satu lapisanatom-atom emas, maka didalam atom emas terdapat partikel yan san at kecil yan ermuatan positif. Selanjutnya tingkat energ i kedua E 2 atau kulit M dan seterusnya.

Bohr mengasumsikan sebuah kondisi kuantum yang meminta sebuah produk operasi antara momentum masa, m x kecepatan, v dengan keliling lingkaran 2r sebagai perkalian konstanta Planck, h dengan bilangan bulat.

Tingkat energi yang paling rendah ialah kulit yangPage 7ypaling dekat dengan inti, yaitu E1 kulit K. Tidak dapat menjelaskan spektrum garis pada atom hidrogen H. Bohr – Rutherford Model of Atom Documents.

Sedangkan Prouts menyatakan bahwa Perbandingan massa unsur-unsur teoro suatu senyawa selalu tetap. Bohr berhasil menurunkan persamaan untuk tingkat energi dari atom hidrogen pada tahun dengan memperkenalkan suatu ide baru dalam sistem fisis dari sebuah elektron yang bergerak di sekitar proton pada jarak yang konstan dengan radius r.

Berdasarkan gejala-gejala yang terjadi, diperoleh beberapa kesipulan beberapa berikut: Atom-atom er a un mem entuk senyawa den an per andin an ilan an uat dan sederhana. Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti tidak dapat dipotong ataupun sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Model Atom Bohr Bohr menyatakan bahwa elektron-elektron hanya menempati orbit-orbit tertentu disekitar inti atom, yang masing-masing terkait sejumlah energi kelipatan dari suatu nilai kuantum dasar. Elektron akan menyerap energi jika berpindah ke orbit yang lebih luar dan akan membebaskan energi jika berpindah ke orbit yang teoro dalam Kelebihan model atom Bohr atom terdiri dari beberapa kulit untuk tempat berpindahnya elektron.

  ALEJO CARPENTIER JOURNEY BACK TO THE SOURCE PDF

Walaupun model ini sulit untuk divisualisasikan, ia dapat dengan baik menjelaskan sifat sifat atom yang terpantau yang sebelumnya tidak dapat dijelaskan oleh teori mana pun.

Seperti planet planet mengorbit matahari. Atom hanya dapat dipantau dengan menggunakan peralatan khusus seperti mikroskop gaya atom. Elektron-elektron tidak akan kehilangan energi secara perlahan-lahan sebagaimana mereka bergerak di dalam orbit, melainkan akan tetap stabil di dalam sebuah orbit yang tidak meluruh.

Dari hasil percobaan ini, Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom partikel subatom yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron.

Pada tahunJ. Beberapa abad sebelum masehi para filsafat yunani telah berbeda pendapat mengenai sifat materi. Hanya akurat bila diterapkan pada kasus atom berelektron tunggal atau atom yang menyerupai atom hidrogen hydrogen likenamun tidak akurat bila diterapkan pada sistim atom berelektron banyak.

Selama akhir abad ke dan awal abad ke, para fisikawan berhasil menemukan struktur dan komponen-komponen subatom di dalam atom, membuktikan bahwa ‘atom’ tidaklah tak dapat dibagi-bagi lagi. Phillips berhasil memerangkap atom natrium dalam perangkap magnet. Demokritus SM berpendapat bahwa materi bersifat diskotinyu. Pada tahunJohn Dalton menggunakan konsep atom untuk menjelaskan mengapa unsur-unsur selalu bereaksi dalam perbandingan yang bulat dan tetap, serta mengapa gasgas tertentu lebih larut dalam air dibandingkan dengan gas-gas lainnya.

Sebagiankecil dibelokkan, dan sedikit sekali yang dipantulkan. Lintasan atau Kulit atau Or it.